Monthly Archives: November 2012

Download menggunakan PHP

Auto download menggunakan PHP
Apa alasan menggunakan kode-kode ini ?
Kebutuhan saya sederhana, saya ingin meng-counter / menghitung ada berapa banyak orang-orang yang telah mendownload file
yang telah kita upload. Jika menggunakan link directly atau link langsung seperti ini :

http://namawebsite.com/namafile.zip

maka akan sulit sekali untuk mengetahui berapa banyak orang yang telah mendownload file tersebut.

Setelah googling sana sini, akhirnya ketemu yang seperti ini :

header("Pragma: public");
header("Expires: 0");
header("Cache-Control: must-revalidate, post-check=0, pre-check=0");
header("Content-Type: application/force-download");
header("Content-Type: application/octet-stream");
header("Content-Type: application/download");
header("Content-Disposition: attachment;filename=alamat_file_yang_ingin_di_download.ekstensinya");
header("Content-Transfer-Encoding: binary ");

Happy Koding 😀

Query Bind9 Menggunakan View

DNS Server menggunakan bind9 … ?
Berkeley Internet Name Domain : aplikasi yang paling umum digunakan pada lingkungan unix.

Walaupun katanya bind memiliki sejarah yang kurang enak dalam security, tapi kemudahan bind membuat saya tetap menggunakannya, tentu dengan chroot :D.

Kali ini ada kebutuhan yang berbeda di bind.
Kebutuhannya seperti ini, “saya ingin jika dns server saya di akses dari ip private maka querynya akan menterjemahkan nama domain ke ip private. dan jika di akses dari internet maka querynya akan melakukan menterjemahkan nama domain ke ip publik.”

Kasusnya adalah ketika kita ingin membangun dns server publik yang berada dibelakang router (dengan menggunakan nat). Mengapa harus dibelakang router ? mengapa harus dengan nat ?

Pemrograman Berorientasi Objek (Konstruktor)

Ada yang tanya ke saya tentang konstruktor dalam pemrograman berorientasi objek. karena artikel blog ini masih sedikit, mending jawabannya diabadikan disini 🙂

Apa itu konstruktor (constructor) ?

Dalam pemrograman berorientasi objek, kita akan mengenal yang namanya konstruktor.

Konsktruktor adalah method yang pertama kali dijalankan pada saat sebuah objek pertama kali diciptakan.

Perbedaan method konstruktor dengan method lainnya pada java adalah nama method konstruktor harus sama dengan nama kelasnya.

Contohnya :

Link Aggregation

Ubuntu Server Link Aggregation (Bonding Interfaces)

 Akhir-akhir ini saya dan team di NOC di sibukkan dengan reformasi infrastruktur Jaringan serta membangun File Server dan beberapa server intranet lainnya. Dimana dengan topologi jaringan yang baru ini, diharapkan beberapa node jaringan dapat berjalan di lingkungan Gigabit, ya walaupun tidak semua, paling tidak beberapa node bisa merasakan bagaimana nyaman nya menjadi bagian dari keluarga Gigabit :p. Bayangkan, kita bisa melakukan pertukaran data via jaringan dengan troughput 500-700Mbps, tentu lebih nyaman dari copy-copy via flasdisk. :))
Komputer-komputer yang akan dijadikan server pun sebenarnya sudah menggunakan gigabit ethernet, namun dikarenakan ingin mendapatkan performance yang lebih dan rasa penasaran untuk melakukan eksplorasi, akhirnya kesampaianlah niat saya untuk mencoba melakukan bonding interface, dimana bonding ini adalah teknik untuk menggabungkan 2 atau lebih network interfaces card.Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan bonding interfaces atau Link Aggregation.
Langsung saja…

Antara NAT dan IP Forwarding

Asal Usulnya

Pada suatu hari, bertanyalah seorang teman kepada saya: “Gimana cara biar jaringan lokal kantorku bisa ngontak jaringan ip publik di kantor tanpa NAT?” Ya, memang seringkali susah mempelajari mekanisme routing ketika sebelum belajar sudah ngerti bahwa ada IP Privat dan ada IP Publik.

Di sini saya mencoba untuk menjelaskan dengan cara yang sedikit berbeda dengan penjelasan-penjelasan yang sudah ada di internet, yang jumlahnya sudah jutaan halaman itu. Semoga saja dengan cara ini, hubungan awal dan perbedaan antara IP Forwarding dengan Source NAT bisa lebih mudah dimengerti. Tentu saja, tulisan ini ditujukan untuk semua pemula yang ingin belajar tentang topik ini.

Harap diingat bahwa dalam cerita ini saya membuang beberapa detil yang seharusnya juga ada dalam proses routing. Detil itu saya hilangkan untuk mempermudah pemahaman hal-hal mendasar dalam operasi ini. Jangan pernah menerima cerita ini sebagai informasi utuh. Lengkapi dengan cerita/referensi lain yang membahas detilnya lebih dalam.

Suatu Desa dan Seorang Anak

Ilustrasi Kampungnya

Inilah peta kecamatan OtotKwat yang terletak di salah satu distrik di Negeri Kayangan.

 

Pada Suatu Hari…

Hiduplah keluarga bahagia di Desa Suka Nyapu. Keluarga itu memiliki seorang anak yang masih balita. Mereka menjalani kehidupan seperti biasa, hingga pada suatu hari sang ibu sakit flu. Karena pileknya tak tertahankan dan bapak sedang nun jauh di sana bekerja, maka ibu terpaksa minta tolong pada anaknya untuk membeli obat di toko obat Bu Jamilah yang terletak di Desa Suka Ngelap, walaupun sang anak sebenarnya tidak tahu jalan. Yang diketahui oleh anaknya hanyalah kalau mau keluar dari Desa Suka Nyapu, jalannya ya hanya itu saja. 

Tugas Sysadmin

Tulisan ini sebagai pengingat apa-apa saja yang menjadi tanggung jawab saya :D.
System Administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site admin, dll) merupakan profesi yang memiliki tugas untuk melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem. Administrator atau system administrator ini biasanya masuk ke dalam departemen atau divisi teknologi dan informasi dalam struktur organisasi perusahaan.