Monthly Archives: April 2014

Celah Keamanan Pada OpenSSL

Jakarta – Yahoo hanya salah satu situs yang terkena dampak celah berbahaya dari OpenSSL, di luar itu masih banyak lagi situs besar lainnya yang terancam.

Celah bernama Heartbleed yang ditemukan pada sistem enkripsi OpenSSL memang sangat mengkhawatirkan. Pasalnya bug ini mampu mengungkap data sensitif yang disimpan pada memori server, dan lebih bahayanya lagi, para peretas bisa melakukan ‘duplikasi kunci’ untuk melakukan dekripsi dari setiap data yang diacak lewat teknologi OpenSSL.

Ironisnya, bug itu baru ditemukan pekan lalu, padahal celah tersebut sudah dieksplorasi nyaris dua tahun silam. OpenSSL juga merupakan teknologi enkripsi yang paling banyak dipakai, 2 dari 3 situs kerap memakai sistem tersebut termasuk Yahoo dan beberapa situs besar lainnya.

Yahoo mengakui bahwa sistem mereka termasuk dalam salah satu server yang rentan terhadap bug tersebut, tapi untungnya sudah lekas diperbaiki.

Seperti dikutip detikINET dari IT Portal, Kamis (10/4/2014), 8 April lalu sekelompok peretas melakukan pengujian terhadap sejumlah situs yang kemungkinan masih bisa disusupi dengan Heartbleed. Berikut adalah daftarnya:

  • Testing imgur.com… vulnerable.
  • Testing stackoverflow.com… vulnerable.
  • Testing flickr.com… vulnerable.
  • Testing xda-developers.com… vulnerable.
  • Testing sogou.com… vulnerable.
  • Testing adf.ly… vulnerable.
  • Testing outbrain.com… vulnerable.
  • Testing archive.org… vulnerable.
  • Testing addthis.com… vulnerable.
  • Testing stackexchange.com… vulnerable.

Selain sepuluh situs di atas, masih ada puluhan situs lainnya yang bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Untuk menguji apakah suatu situs terkena dampat dari heartbleed silahkan kunjungi situ ini : https://filippo.io/Heartbleed/#www.google.com
Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/04/10/175256/2551580/323/daftar-situs-yang-terkena-dampak-heartbleed

Hynix Garap DDR4 128 GB

Jakarta – Mungkin belum banyak perangkat komputer yang mendukung penggunaan standar memori DDR4. Namun hal tersebut tak menghentikan Hynix untuk membuat keping memori DDR 4 berkapasitas super besar.

Umumnya keping memori yang ada di pasaran memiliki kapasitas paling besar 8 GB. Edannya, Hynix membuat keping memori DDR 4 yang memiliki kapasitas berkali-kali lipat lebih besar dengan ukuran sebesar 128 GB.

Dalam pembuatannya, Hynix menggunakan chip memori 8 GB besutannya yang mengandalkan pabrikasi 20 nm. Adapun untuk menghubungkan satu chip dengan yang lainnya Hynix menerapkan teknologi TSV (Through Silicon Via) yang memungkinkan sambungan arus melewati die silicon.

Nantinya keping memori DDR 4 berkapasitas 128 GB besutan Hynix ini akan berjalan pada kecepatan 2133 MHz, dan sanggup menyodorkan bandwidth sebesar 17 GB per detik saat berjalan pada kanal tunggal 64-bit.

Menariknya, dengan kapasitasnya yang besar nyatanya konsumsi dayanya lebih rendah dengan hanya 1,2 volt per kepingnya. Bandingkan dengan keping memori DDR3 yang menyedot daya sebesar 1,5 volt.

Seperti detikINET kutip dari VR-Zone, Selasa (8/4/2014), produksi keping memori DDR 128 GB besutan produsen chip pesaing terkuat Samsung ini rencananya akan dimulai pada awal semester tahun 2015 mendatang.

Namun tentunya teknologi anyar yang disodorkan Hynix ini juga harus diikuti oleh perkembangan pasar, karena saat ini saja mainboard kelas atas rata-rata baru mendukung kapasitas maksimal 32 GB dari seluruh keping memori yang terpasang.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/04/08/143638/2549017/317/wow-hynix-garap-ddr4-128-gb
(yud/ash)